Minggu, 25 Oktober 2015

cara beternak jangkrik mudah untuk pemula

 jangkrik dalam bahasa latin (Gryllidae) adalah jenis serangga yang unik memiliki suara khas dan aktif di malam hari(nokturnal), kini dibudidaya oleh masyarakat karena semakin berkembangnya zaman Jangkrik menjadi penopang perekonomian rakyat sebab dapat dijual sebagai pakan Burung Kicau.  Cara budidaya hewan jangkrik jenis sliring dan kalung berbeda dengan jangkrik aduan, indukan yang digunakan juga berbeda biasanya jangkrik aduan langsung didapat dari alam.

Artikel yang saya bagikan kali ini adalah mengenai langkah demi langkah tata cara budidaya jangkrik untukpeternak pemula dan pemasarannya yang simple bagi para pemula.Metode yang digunakan dalam budidaya jangkrik sangat beragam, ada yang menggunakan cara tradisional modern dengan media ember media pasir dengan kardus, carsibot dan triplex namun intinya yang praktis dan sederhana terutama dalam skala kecil rumahan.

Langkah pertama yang dilakukan setiap Peternak Jangkrik adalah mempersiapkan lokasi kandang untuk ternak jangkrik, karena lokasi ternak sangat menentukan hasil akhir. Jadi lokasi kandang termasuk faktor utama yang harus diperhatikan oleh peternak jika ingin sukses dalam beternak jangkrik. Keputusan dalam memilih lokasi sangat berpengaruh selama pemeliharaan berlangsung, intinya anda harus merancang kandang yang sesuai dengan lingkungan hidup Jangkrik. dimana pun kandang jangkrik di letakan, yang terpenting adalah bisa memenuhi kriteria kriteria kandang yang baik.

Untuk pemilihan lokasi ternak jangkrik akan sangat berbeda disetiap daerah seperti pada jakarta,bandung, bogor, bekasi, ciamis, cianjur, cirebon,cikarang, cibinonggarut, indramayu, karawang,kuningan, majalengka, pangandaran, purwakarta, subang, sukabumi, tasikmalaya, Surabaya, Probolinggo, pasuruan, malang, madiun, kediri, blitar, batu, tulungagung, tuban, trenggalek, sumenep, situbondo, sidoarjo, sampang, probolinggo, ponorogo, pasuruan, pemekasan, pacitan, ngawi, nganjuk, mojokerto, malang, magetan, madiun,lumajang, lamongan, kediri, jombang, jember, gresik, bondowoso, bojonegoro, blitar, banyuwangi, bangkalan, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan,Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, temanggung, wonogiri, wonosobo, sumatra, kalimantan, sulawesi dan papua.
 dan dimana saja akan sangat berbeda karena faktor utama yaitu suhu udara kelembaban, intensitas cahaya dan ketinggian tempat juga dapat menentukan estimasi budidaya jangkrik. Maka sebaiknya hal ini sangat diperhatikan karena kesuksesan budidaya jangkrik bagi pemula untuk pemula dan pemasarannya dimulai dari sini.

Selanjutnya jika anda lokasi kandang sudah ditentukan maka saatnya mendesain/membuat kandang budidaya jangkrik ternak jangkrik, mulai dari menata lokasi hingga membuat kandang ternak jangkrik yaitu box yang terbuat dari triplex/polywood, bambu, kardus, aluminium atau kalsibot. Lalu mempersiapkan media lainnya yang digunakan untuk memelihara jangkrik nantinya, seperti TRE bekas wadah telur ayam yang sudah tidak terpakai namun masih utuh. TRE ini fungsinya adalah sebagai media hidup/rumah Jangkrik setelah menetas dikotak yang telah dibuat sebelumnya.selain menggunakan TRE bisa juga menggunakan daun pisang yang sudah kering. Untuk kandang budidaya jangkrik sendiri harus dibuatkan penutup yang digunakan untuk mengatur kelembaban didalam box. Tutup yang dipakai di sesuaikan dengan kondisi, yang terpentinng adalah jangkrik bisa terlindungi dari serangan predator dan bisa menjaga kelembababan suhu. Dan yang terakhir adalah botol AQUA bekas yang besar dipotong -+ 10cm untuk wadah kaki-kaki box diisi dengan cairan solar, fungsinya agar semut tidak naik dan masuk kedalam box. biasanya jika oli, semut memang mati lalu mengambang, karena banyak semut yang mati bisa menjadi jembatan bagi semut yang lain.

Dibawah ini akan kami bagikan artikel Tahapan Budidaya Jangkrik mulai dari persiapan pembuatan kandang jangkrik hingga panen, insya allah lengkap berdasarkan pengalaman dari saya. Secara garis besar urutan langkah-langkah untuk memulai Beternak Jangkrik dapat anda lihat dibawah ini:
  1. Menentukan lokasi Kandang Jangkrik yang tepat
  2. Pembuatan kandang ternak jangkrik/rumah tempat memelihara jangkrik
  3. Membuat kotak pemeliharaan/BOX
  4. Membuat penutup box
  5. Mempersiapkan media hidup jangkrik berupa tre bekas wadah telur/ daun pisang yang sudah kering
  6. Pakan utama berupa voor/konsentrat ayam pokhpan 511(recomended) yang dihaluskan
  7. Pakan pendukung untuk masa awal berupa pepaya muda, gambas, sawi putih(sedikit). nb.pakan dapat ditambah dengan kedebog pisang, daun pepaya, daun singkong,daun pisang, kacang panjang, pohon pepaya setelah umur 10 hr keatas(makanan recomended)
  8. Terakhir untuk tambahan diusahakan makanan diatas ada untuk mendapatan hasil yang bagus, selanjutnya tinggal menunggu panen.(JANGAN KAGET KALAU MAKANAN JANGKRIK TIDAK SEDIKIT)!.
foto budidaya jangkrik


    1. Pertama Menentukan Lokasi Kandang Jangkrik Yang tepat 
    Untuk beternak jangkrik memang sebaiknya memilih lokasi dan model kandang jangkrik yang sesuai dengan kriteria lingkungan hidup jangkrik, karena seperti yang kita ketahui Jangkrik bisa dibilang hewan musiman bukan berarti hanya ada pada musim tertentu namun ini lebih pada kehidupan/populasi normal hanya saat-saat musim tertentu. Misalnya saja jangkrik banyak hidup diarea persawahan dimana tanah kering dan udara panas tepatnya menjelang musim penghujan Populasi Jangkrik meningkat tajam namun juga tidak semua area disinggahi oleh populasi jangkrik ini. jika lokasi kurang sesuai maka akan ditinggalkan atau tidak dapat bertahan walaupun lokasi masih dalam satu area. menurut pengamatan, hanya ada 3 kriteria lokasi kandang jangkrik
    1. gelap
    2. tenang
    3. cukup lembab 
    itu adalah hal yang simpel dan anda bisa menyesuaikan lokasi kandang sendiri dengan kriteria tersebut

    2. Mempersiapkan / Cara Membuat Kandang Jangkrik
    menurut penalaman saya, jika anda tidak mahir dalam pembuatan kangdang jangkrik, lebih baik suruh tukang kayu yang membuatnya dengan ukuran, desain dan kriteria yang anda inginkan.Model Kandang Jangkrik / BOX terbuat dari triplek/plywood yang dirancang seperti peti namun diberi kaki-kaki untuk menghindari semut. Nantinya pada kaki-kaki tersebut diberi wadah berupa botol aqua yang dipotong dan diisi dengan solar atau minyak tanah sebagai penghalang semut dan predator naik kekandang. Namun ada juga Kandang Jangkrik Dari Kardus yang mungkin bisa lebih irit tetapi kemungkinan besar akan di gerogoti sampai habis.
    perhatihan ventilasi udara yang sesuai



    Cara Buat Kandang Jangkrik dimulai dengan mencari bahan baku berupa:

    1. Kayu reng/kayu untuk memasang genting yang diapasang diatas pasak. Kayu ini dipakai untuk rangka box/kandang pemeliharaan jangkrik.
    2. Triplex/plywood yang nanti dipakai untuk tembok atau dinding dan alas kandang/box
    3. Paku yang dipakai untuk merakit reng dan triplex menjadi box/kandang jangkrik.
    4. Semen putih/mill yang dipakai untuk melumuri dinding kandang.
    5. Lakban coklat yang dipakai untuk pembatas dibagian atas kandang agar jangkrik tidak dapat kabur.
    6. tutup kandang jangkrik dengan waring dan plastik tau polywood.
    7. hal yang paling penting adalah jangan ada celah sekecilpun di bagian kandang
    Setelah semua bahan diatas sudah ada maka saatnya untuk membuat kandang/box untuk memelihara jangkrik.Disini kami tidak akan membahas bagaimana untuk membuat kandang secara mendetail karena kami anggap anda sudah bisa membuatya.

    3. Media Untuk Tempat Hidup Dalam Kandang Jangkrik
    Selain kandang untuk pemeliharaan berupa kotak yang terbuat dari tripleks perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk budidaya jangkrik adalah media tempat hidup jangkrik itu sendiri yaitu TRE bekas wadah telur ayam yang terbuat dari bahan semacam kertas karton. jika menggunakan tre mungkin kurang baik karena terbuat dari bahan kimia tertentu, alangkah lebih baik menggunakan daun pisang yang seudah kering. Tre berfungsi sebagai tempat merambat dan bersembunyi jangkrik layaknya hidup dialam bebas. Tre ditata didalam kotak pemeliharaan / BOX dengan cara ditumpuk antar kaki-kakinya agar terbentuk ruang antar tre yang nantinya menjadi ruang hidup jangkrik mulai dari menetas hingga panen.

    daun pisang yang kering sangat bagus karena lebih alami

    selamat mencoba, jangan takut rugi kalau mau usaha :)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar